Renovasi Rumah

MENGAPA PERLU RENOVASI ATAU PERBAIKAN RUMAH

     

Setiap pemilik rumah harus siap melakukan renovasi atau perbaikan rumah. Pernyataan ini rasanya tidak berlebihan, mengingat rumah, seperti semua barang yang digunakan terus-menerus akan mengalami perubahan. Perubahan ini bisa jadi karena pengaruh usia rumah atau bisa juga karena perubahan selera manusia si pemilik rumah, yang tidak puas dengan kondisi fisik bangunan rumah-nya saat ini. Salah satu upaya mengimbangi perubahan inilah yang diterjemahkan ke dalam sebuah proses yang disebut renovasi rumah.

Perbaikan Rumah

Jasa Renovasi Rumah | Jasa Perbaikan Rumah

Seringkali orang mengganggap renovasi hanya untuk rumah seken atau untuk rumah standar yang dibangun oleh pengembang. Padahal  urusan renovasi rumah berlaku juga bagi rumah yang dibangun dari nol oleh si pemilik rumah. Saat mendirikan rumah, baik pemilik rumah maupun perancang dan pelaksana pembangunan sudah memperhitungkan berbagai faktor dengan sangat cermat dan mempersiapkan bangunan rumah untuk penggunaan sampai beberapa puluh tahun ke depan.

Namun perubahan fisik rumah tidak pandang bulu. Kerusakan bangunan rumah yang terjadi akibat cuaca misalnya, merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. Belum lagi tren desain yang selalu berkembang. Pemilik rumah yang ingin rumahnya selalu tampil baru, tak segan melakukan renovasi tampak depannya. Jika perubahan selalu terjadi, kemungkinan renovasi pun akan selalu ada.

Renovasi atau Pengembangan  Perbaikan Rumah .

Renovasi rumah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperbarui, memperbaiki atau mengganti sebagian bangunan rumah untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Sebenarnya, ada kegiatan lain yang juga sering dimasukkan ke dalam definisi renovasi, yaitu pengembangan.

Jika masing-masing istilah ini dipisahkan, perbedaannya adalah dalam luasan bangunan fisik rumah. Renovasi tidak mengubah luasan bangunan rumah, sementara pengembangan menambah luasan rumah. Dalam renovasi, bangunan hanya diperbaiki dan diperbarui dengan material yang baru. Penambahan kamar anak di lahan kosong di belakang rumah atau meningkat rumah misalnya, termasuk kategori pengembangan.

Tetapi untuk lebih mudahnya, orang mengistilahkan 'renovasi rumah" untuk kedua kegiatan tersebut. Yang jelas, renovasi berbeda dengan membangun rumah dari awal. Saat pelaksanaannya, kondisi bangunan lama rumah harus menjadi perhatian utama karena tujuan renovasi rumah adalah memperbarui bangunan yang sudah ada.

Alasan Renovasi atau Perbaikan Rumah

Dilihat dari skalanya, renovasi dapat berupa pengerjaan yang kecil, seperti sekadar mengganti keramik dinding kamar mandi. Yang berskala sedang seperti membongkar dapur, sampai  yang berskala besar, seperti merombak ulang seluruh ruang di rumah. Sementara bila dilihat tujuannya, beragam alasan dikemukakan pemilik rumah soal renosi. Beberapa yang umum ditemui adalah alasan-alasan berikut ini:

 

1. Bangunan Rumah Mengalami Kerusakan.

Entah karena terpapar cuaca, dimakan usia, bahkan karena bencana alam, bangunan rumah suatu ketika mengalami kerusakan. Jika ini alasannya, renovasi tidak bisa ditunda lagi. Apalagi bila kerusakan menyangkut struktur, yang jelas-jelas membahayakan penghuni rumah.

2. Kebutuhan Ruang Dalam Rumah Bertambah.

Alasan ini umum dikemukakan para pemilik rumah yang memiliki anggota baru di keluarganya. Bertambahnya jumlah anak atau orangtua yang tinggal bersama di usia senjanya, merupakan sedikit contoh. Yang juga banyak ditemui adalah kebutuhan membuat kamar pembantu dan kamar mandi pembantu, yang biasanya belum ada pada rumah-rumah bertipe standar di perumahan.

3. Rumah Kurang Nyaman.

Kenyamanan rumah tergantung dari banyak aspek. Design dan lingkungan sekitar merupakan salah satunya. Jika rumah dirasa tidak nyaman, misalnya pengap dan kurang cahaya, renovasi menjadi jalan penyelesaian terbaik. Bahkan jika rumah dirancang dari awal, kondisi lingkungan yang berubah serta teori-teori design yang pada kenyataannya tidak berjalan sesuai perkiraan, dapat menjadi alasan dilakukan renovasi.

4. Selera Design Rumah Berubah.

Design selalu mengalami perkembangan. Walaupun tidak secepat pergerakan tren busana, rumah pun memiliki tren design-nya sendiri. Bagi pemilik rumah yang selalu mengikuti tren, inilah yang menjadi latar belakang renovasi yang dilakukannya. Agar tidak ketinggalan dengan tren terbaru, renovasi dapat dilakukan pada muka rumah saja atau bahkan mengubah layout ruang-ruang dalamnya agar perubahan design dapat dirasakan secara total. Perubahan design ini juga menjadi alasan renovasi bagi pembeli rumah seken yang design rumah awalnya kurang mengena di hati.

5. Perawatan Berkala.

Rumah yang secara teratur dirawat akan  berumur panjang. Walaupun belum rusak, tetapi ketika ada bagian arsitektur rumah yang sudah berumur, penggatian dengan material baru menjadi tindakan pencegahan yang bijaksana. Dengan melakukan renovasi rumah di awal, biaya perbaikan yang tidak terduga atas kerusakan dapat dikurangi. Apalagi saat ini teknologi bahan bangunan khusus rumah tinggal berkembang begitu pesat, sehingga menghasilkan material baru yang punya ketahanan lebih baik.

Apapun alasan orang merenovasi rumah, satu hal harus pasti, renovasi harus direncanakan dan dilaksanakan dengan cermat. Perizinan yang lengkap, detail rencana pembangunan, sampai perkiraan biaya harus dipikirkan diawal agar renovasi rumah dapat berjalan lancar.

 

Tips Merenovasi atau Perbaikan Rumah

Renovasi RumahBerikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda laksanakan, terutama saat akan merenovasi rumah:

1. Sisihkan Dana

pelaksanaan renovasi rumah ibarat melubangi dompet. Uang cepat sekali terkuras habis tanpa terasa.  Biaya yang dikeluarkan sering kali melampaui perkiraan biaya yang sudah dibuat seblum pelaksaaan renvasi.  Sebelu renovasi dijalankan, sebaiknya tambahkan sekitar 205 dari anggaran biaya sebagai biaya tak terduga. kenaikan harga material atau perubahan design di tengah jalan, hanya beberapa hal yang membuat anggaran biaya sebaiknya dilebihkan sedikit.

2. Peraturan Sebagai Acuan Membangun

Pelaksanaan renovasi sering kalil membuat pusing kepala. Selain masalah dana yang pasti menyedot banyak pikiran, banyak masalah yang muncul tidak terduga. Sebenarnya pemerintah daerah sudah mengeluarkan peraturan yang memandu pelaksanaan pembangunan. Masing-masing daerah mengeluarkan kebijakana yang berbeda. Untuk DKI Jakarta sendiri, ada Perda no. 7 tahun 1991. dengan mematuhi apa yang ada di dalam perda tersebut saat pembangunan, seharusnya tidak ada masalah yang berarti. Sayangnya, banyuak masyrakat tidak mengethi, atau enggan mempelajari perda ini.

3. Menyimpan Material

Selama ini lokasi renovasi dapat ditandai dari keberadaan material di depan jalan. Gunungan pasir, tumpukan sak semen, susunan bata, dianggap wajar. Tidak dianggap aneh pula bila kegiatan ini mengganggu lalu lintas di jalan tersebut. Padahal, semua bahan bangunan yang diperlukan saat pembangunan rumah tersebut harus berada di dalam lahan yang sedang dibangun, karena menurut Perda, pelaksanaan pembangunan tidak boleh mengganggu lalu lintas.

Di samping itu, beberapa material membutuhkan perhatian khusus saat disimpan. Misalnya semen. Salah menyimpan, material ini mengeras dan tidak dapat digunakan lagi. Pertama, simpan semen di temat yang terlindung dari air dan kelembaban. Hindarkan semen dari hujan dan usahakan semen tidak bersentuhan langsung dengan tanah, dengan cara melapisi bagian bawahnya dengan papan kayu.

Pembelian material saat renovasi juga harus diatur waktunya, terlebih jika tempat penyimpanannya terbatas. Kadang ada pemikiran bahwa membeli material  diawal berarti kita mendapat harga yang lebih murah. Tetapi ada ruginya juga menyimpan material terlalu lama sebelum dipakai. ini meningkatkan resiko material pecah, rusak atau berkarat. Akhrinya banyak material yang tidak terpakai yang sama saja dengan pemborosan. Material yang sebaiknya baru dibeli ketika akan digunakakn antara lain batu bata, batako, keramik dan genteng.

4. Pasang Jaring Pengaman

Saat meningkat rumah, terutama di perumahan yang rumahnya saling berdempetan, masalah yang sering timbul adalah ketika dinding tinggi harus diplester dan cipratannya mengotori rumah atau lahan tetangga. Belum lagi resiko kejatuhan material rumah. Para tetangga jelas akan menyatakan keberatannya.

Sebenarnya dalam Perda no. 7 tahun 1991 pasal 250 ayat 1 sudah dijelaskan bahwa: "Untuk pelaksanaan bangunan tinggi dan atau bangunan lainnya yang dapat menimbulkan bahaya jatuhnya benda-benda ke sekitarnya, harus dipasang jaring pengaman." Peraturan ini juga berlaku untuk pembangunan rumah tinggal.

Lagi pula, mengenai kotoran akibat renovasi, pihak pembangunlah yang bertanggunjawab membersihkan dan memperbaiki sekitar lokasi sesuai keadaan semula. Ini pun tercakup dalam Perda yang sama, ayat 251. Karena itu, pemasangan jaring tidak saja berguna bagi lingkungan sekitarnya, tetapi juga menguntungkan pihak pembangun sebab jaring pengaman akan mengurangi kotor.

5. Tentukan konsep tentang renovasi secara matang

Pada tahap ini, kita menentukan bagian rumah mana saja yang ingin kita perbaiki, bagaimana desainnya, apakah kita akan menggunakan kembali material lama atau tidak. Bila ingin menggunakan material lama tentu harus dibongkar secara hati-hati agar tidak rusak. Sedangkan menentukan desain berguna agar hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan. Karena bila hasil tidak sesuai, kita harus membongkarnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Dengan mengetahui konsep dengan matang juga membantu tukang mengerjakan dengan lebih cepat.

6. Tentukan bahan bangunan dan kualitas material bangunan yang akan digunakan

Bila memang dana kita terbatas, tidak ada salahnya kita menggunakan barang-barang berkualitas sedang atau barang bekas. Bila kita memilih dengan cermat, kita dapat menemukan barang bekas tapi berkualitas baik. Penggunaan barang-barang berkualitas sedang misalnya untuk keramik lantai, kayu-kayu, kusen, atau cat interior. Keramik yang dipasang dengan teknik yang baik dapat menghasilkan lantai yang indah walaupun menggunakan keramik kualitas sedang. Sedangkan bagian-bagian yang wajib menggunakan barang-barang dengan kualitas baik adalah pada bagian fondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan, rangka atap. Dapat dibayangkan bila pada bagian tadi terjadi kebocoran atau rusak, tentu kita harus membongkar lagi yang berarti perlu mengeluarkan uang lagi. Untuk cat eksterior juga disarankan menggunakan kualitas baik karena bagian luar rumah biasanya terkena hujan, teriknya matahari atau udara lembab.

7. Menghilangkan satu bagian pekerjaan renovasi

Yang dimaksud disini adalah kita tidak melakukan satu bagian pekerjaan, sehingga waktu yang digunakan lebih cepat dan dapat menghemat biaya. Misalnya : Tembok tanpa diplester yang dapat membuat tembok tampak alami, atau mengecat tanpa di plamur.

8. Pemilihan cara pembayaran

Cara pembayaran umumnya terbagi dua, yaitu borongan dan harian. Bila memang kita sudah pasti apa yang akan direnovasi dan kita sudah mengetahui konsep renovasi secara matang, maka lebih baik kita menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, bila konsep renovasi kita belum jelas kita dapat membayar tukang secara harian.

9. Pilih waktu yang tepat untuk renovasi

Renovasi sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan, karena pada musim ini tukang yang mengerjakan dapat menemui kesulitan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan bahkan bisa menjadi rusak.

 

Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Memiliki rumah dengan nuansa baru bisa memberikan keceriaan dan warna berbeda di kehidupan sebuah keluarga. Melakukan renovasi bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk mewujudkannya. Tak perlu khawatir berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan, karena proses renovasi rumah bisa dilakukan dengan budgetminimum.Hemat Rnovasi Rumah

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan supaya renovasi rumah menjadi efisien, hemat dan tepat sasaran.  Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan konsep renovasi dengan matang. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan-kesalahan pengerjaan yang menyebabkan dikeluarkannya biaya yang lebih banyak. Pematangan konsep juga memudahkan para pekerja menyelesaikan tugasnya.

2. Pematangan konsep sebaiknya dilakukan melalui proses diskusi dengan anggota keluarga lain karena renovasi rumah bertujuan memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Padukan ide-ide di antara anggota keluarga dan dapatkan solusi dan keputusan yang tepat dan menguntungkan semua pihak.

3. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemilihan waktu yang tepat untuk merenovasi. Kondisi cuaca dan musim sangat berpengaruh pada proses renovasi. Misalnya, membangun dan merenovasi rumah ketika musim hujan, sangatlah tidak tepat untuk dilakukan. Hujan akan mempersulit proses pembangunan sehingga membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama, selain itu hujan pun menghambat didapatnya hasil yang maksimal.

4. Melakukan survei terhadap harga-harga bahan bangunan dan keperluan renovasi lainnya akan sangat berguna meminimalisasi pengeluaran Anda. Sebagai salah satu alternatif penghematan, Anda bisa menggunakan bahan bangunan bekas tetapi berkualitas, asalkan Anda bisa dengan cermat memilih barang-barang yang bagus.

5. Ada beberapa barang yang sebaiknya Anda beli dengan kualitas yang sangat baik, seperti pipa, fondasi rumah, dan rangka atap. Pemilihan cat pun sebaiknya dilakukan dengan baik, terutama untuk eksterior rumah karena bagian ini sering terkena sinar matahari dan hujan, sehingga sering ditumbuhi jamur dan warnanya mudah luntur.

6. Pemilihan cara pembayaran pun sebaiknya Anda perhatikan. Ada dua sistem pembayaran yang bisa Anda terapkan, yaitu sistem borongan dan sistem harian. Bagi Anda yang sudah sangat matang dengan konsep renovasi, sebaiknya menggunakan sistem borongan karena akan sangat menghemat pengeluaran Anda. Sedangkan bagi Anda yang masih ragu-ragu dengan konsep renovasi, sebaiknya memilih pembayaran pekerja secara harian.

Renovasi Perbaikan Rumah agar Lebih Ramah Lingkungan

Renovasi total butuh dana besar, kadang malah biayanya lebih besar daripada membeli rumah baru. Untuk menjadikan bangunan, khususnya rumah kita agar lebih ramah lingkungan dapat melakukan beberapa langkah berikut ini, mungkin terlihat sepele tapi dampaknya besar untuk bumi.

·         Mengganti lampu dengan lampu LED yang lebih ramah lingkungan. Tidak perlu ekstrim langsung mengganti semua lampu, tapi gantilah ketika lampu di rumah kita sudah mati. Lampu LED memang harganya lebih mahal, tapi lebih awet dan ramah lingkungan.

·         Tidak menggunakan Air Condition. Cukup sulit dilakukan, apalagi di daerah panas. Jika memungkinkan, ganti AC dengan kipas angin air (air cooler) yang banyak dijual di toko elektronik. Atau bisa membuat sendiri, tutorialnya banyak ditemukan di Youtube.

·         Penerangan alami. Sinar matahari adalah penerangan alami di bumi. Jika rumah kita ada di pemukiman padat yang tidak memungkinkan membuat jendela di sisi rumah, bisa memanfaatkan banyak genteng kaca. Agar sinar matahari masuk, beberapa bagian plafon ditutup dengan kanopi atau acrylic.

·         Cat rumah tidak mengandung bahan berbahaya. masih banyak cat yang mengandung bahan berbahaya seperti timbal dan merkuri. Meskipun belum ada label resmi, tapi beberapa produsen cat sudah membubuhkan bebas timbal dan merkuri di kemasan. Timbal biasa untuk menghasilkan warna cerah dapat mengganggu sistem saraf dan organ reproduksi, sedangkan merkuri untuk anti jamur gangguan pada susunan saraf, otak dan ginjal. Selain itu keduanya juga merusak lingkungan.

·         Memelihara tanaman. Seperti halnya contoh hotel di Prawirotaman, meskipun rumah kita tak ada tempat lagi bisa saja memelihara tanaman dengan menggantungkan pot di dinding rumah, terutama yang berguna bagi lingkungan. Tanaman yang dianjurkan adalah Tanaman Obat Keluarga (TOGA), lavender untuk pengusir nyamuk, dan tanaman merambat untuk peneduh.

Itulah beberapa hal yang menjadikan rumah kita lebih ramah lingkungan. Lakukan hal tersebut secara bertahap supaya keuangan tidak terbebani. Lambat laun niscaya rumah kita tanpa terasa sudah menjadi green building.

 

Artikel ini dari beberapa sumber

Peluang Usaha

Peluang UsahaPeluang Usaha, sebagian orang kadang kala sangat sulit sekali menemukan peluang usaha apa yang cocok untuk di jadikan usaha. Ada juga yang sudah mencoba berkali kali namun selalu kandas ditengah jalan. sebenarnya apa masalahnya ?.. sering kita bertanya di benak kita sendiri

Diartikel ini banyak sekali peluang usaha yang belum kita ketahui dan mungkin ada yang sudah kita ketahui.

Mungkin di artkel yang saya copas dari berbagai sumber bisa menginspirasi dan menguatkan tekad kita dalam berusaha

Semoga artikelnya bisa bermanfaat untuk diri saya dan orang lain, bukankah Rasulallah mengatakan Ilmu yang bermanfaat yaitu ilmu yang bermanfaat untuk orang banyak.

 

Busana Muslim

Busana Muslim

     

Bismillah

Busana Muslim

Sedang belajar gimana keyword " Busana Muslim " bisa jadi teratas dari artikel ini. Kalau bisa teratas ane mau jualan busana muslim yang syar'i. Busana muslim yang syar'i itu yang seperti apa, busana yang dicontohkan oleh Rasulalloh dan para sahabat sahabatnya..

Kita bisa lihat dengan keyword busana muslim web teratas justru tidak seperti yang kita harapkan cara berpakaian dan berbusana, oleh karena itu ana terpanggil untuk menjadikan keyword busana muslim teratas.. Insya Alloh..Ini adalah bagian dari syiar dan dakwah..

Copas dari wiki..

Agama Islam sangat peduli terhadap busana dalam dua konteks, yaitu pakaian sehari-hari untuk kegiatan di dalam atau luar rumah dan pakaian khusus beribadah. Di Indonesia sendiri, busana muslim mendapat perhatian yang besar. Populasi penganut agama Islam di Indonesia berjumlah kira-kira 85,1% dari 240.271.522 penduduk (2010). Hal ini menjadikan industri mode untuk pakaian muslim pun menjadi besar minatnya dengan terlihat munculnya situs web belanja kebutuhan busana muslim. busana muslim adalah model pakaian yang disesuaikan dengan aturan kehidupan penganut agama Islam. Di dalam Al-Qur'an tertulis anjuran-anjuran dan kewajiban bagi orang muslim dalam hal berpakaian. Model baju yang tertutup dan serba panjang menjadi ciri khasnya. Untuk wanita, busana muslim menutupi bagian tubuh seperti rambut, leher, tangan dan kaki

Busana Muslim Jilbab

Jilbab (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Sementara kerudung sendiri di dalam Al-Qur'an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31:

 

“Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31)         ”

 

Secara etimologis jilbab berasal dari bahasa arab jalaba yang berarti menghimpun atau membawa. Istilah jilbab digunakan pada negeri-negeri berpenduduk muslim lain sebagai jenis pakaian dengan penamaan berbeda-beda. Di Iran disebut chador, di India dan Pakistan disebut pardeh, di Libya milayat, di Irak abaya, di Turki charshaf, dan tudung di Malaysia, sementara di negara Arab-Afrika disebut hijab.

Di Indonesia, penggunaan kata "jilbab" digunakan secara luas sebagai Busana Muslim kerudung yang menutupi sebagaian kepala perempuan (rambut dan leher) yang dirangkai dengan baju yang menutupi tubuh kecuali telapak tangan dan kaki. Kata ini masuk dalam lema Kamus Besar Bahasa Indonesia pada tahun 1990 bersamaan dengan mulai populernya penggunaan jilbab di kalangan muslimah perkotaan.  Dalam kosakata bahasa Indonesia menurut KBBI daring, jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai perempuan muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai ke dada.  Secara umum mereka yang menutupi bagian itu disebut orang yang berjilbab.

Sejarah dan kontroversi pemakaian jilbab

Pada tahun 1983 perdebatan tentang penggunaan "jilbab" disekolah antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Noegroho Notosoesanto yang kemudian direspon oleh MUI, masih menggunakan kata kerudung. Noegroho menyatakan bahwa pelajar yang karena suatu alasan merasa harus memakai kerudung, pemerintah akan membantunya pindah ke sekolah yang seragamnya memakai kerudung.mSebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga mengadakan pertemuan khusus dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan menegaskan bahwa seragam harus sama bagi semua orang berkaiatan dengan peraturannya, karena bila tidak sama berarti bukan seragam.

Di Indonesia pada Kamus Umum Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka cetakan ke-7 tahun 1984 belum ada lema kata jilbab, lema yang digunakan adalah kata yang belum populer di Indonesia (saat itu) yaitu "hijab" yang merujuk pada kain penutup aurat bagi perempuan muslim.

Fatwa berjilbab bagi para penganutnya

Menurut Muhammad Nashiruddin Al-Albany kriteria jilbab yang benar harus menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak , jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas.

 

Pendapat yang sama sebagaimana dituturkan Ikrimah, jilbab itu menutup bagian leher dan mengulur ke bawah menutupi tubuhnya, sementara bagian di atasnya ditutup dengan khimâr (kerudung) yang juga diwajibkan, sesuai dengan salah satu ayat surah An-Nur 24:31, yang berbunyi:

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita... (QS an-Nur [24]: 31)

 

Busana Muslim Syar'i

Diantara syarat jilbab busana muslimah yang syar’i itu lebar, tidak pas badan dan juga tidak sempit. Lebarnya jilbab ini semestinya bisa menutupi semua lekukan tubuh wanita.

Deskripsi Jilbab Lebar

Lihatlah bagaimana deskripsi jilbab yang syar’i dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam hadits dari Ummu ‘Athiyyah radhiallahu’anha :

أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم أن نخرج ذوات الخدور يوم العيد قيل فالحيض قال ليشهدن الخير ودعوة المسلمين قال فقالت امرأة يا رسول الله إن لم يكن لإحداهن ثوب كيف تصنع قال تلبسها صاحبتها طائفة من ثوبها

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan wanita yang dipingit (juga wanita yang haid) pada hari Ied, untuk menyaksikan kebaikan dan seruan kaum muslimin. Kemudian seorang wanita berkata: ‘Wahai Rasulullah jika diantara kami ada yang tidak memiliki pakaian, lalu bagaimana?’. Rasulullah bersabda: ‘Hendaknya temannya memakaikan sebagian pakaiannya‘” (HR. Abu Daud, no.1136. Dishahihkan Al Albani di Shahih Abi Daud)

Salah satu faidah hadits ini adalah bahwa jilbab wanita muslimah itu semestinya lebar. Kalimat تلبسها صاحبتها طائفة من ثوبها dapat dimaknai juga ‘hendaknya temannya memakaikan sebagian pakaian yang dipakainya ‘. Sebagaimana kata Syaikh Ibnu Jibriin:

فهو يدل على أن الجلباب رداء واسع قد يستر المرأتين جميعًا

“Hadits ini menunjukkan bahwa jilbab itu berupa rida’ yang lebar, saking lebarnya terkadang bisa cukup untuk menutupi dua orang wanita sekaligus”  Al Qurthubi mengatakan:

الْجَلَابِيبُ جَمْعُ جِلْبَابٍ، وَهُوَ ثَوْبٌ أَكْبَرُ مِنَ الْخِمَارِ. وَرُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ وَابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّهُ الرِّدَاءُ

“jalaabiib adalah jamak dari jilbab. Jilbab adalah pakaian yang lebih besar dari khimar. Dan diriwayatkan juga dari Ibnu ‘Abbas bahwa jilbab itu berupa rida'” (Tafsir Al Qurthubi, 14/234).

Demikianlah jilbab yang syar’i, yaitu lebar, yang lebarnya itu seolah-olah bisa cukup untuk menutupi dua wanita.

Tidak menggambarkan lekukan tubuh

Dan jika jilbab dianggap sudah lebar namun masih menampakkan sebagian bentuk tubuh, maka yang demikian kurang sempurna.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah berkata: “Syarat keempat: pakaian muslimah itu hendaknya longgar dan tidak ketatsehingga menggambarkan bagian tubuhnya. Karena tujuan memakai pakaian adalah mencegah terjadinya fitnah (baca:hal-hal yang buruk). Tujuan tersebut tidak akan tercapai kecuali jika pakaiannya longgar dan lebar. Sedangkan jika ketat, walaupun menutup warna kulit, itu dapat menggambarkan bentuk seluruh atau sebagian tubuhnya, sehingga bentuk tubuhnya tersebut tergambar di mata para lelaki. Ini adalah salah satu bentuk kerusakan dan seolah mengundang orang-orang untuk melihat bentuk tubuhnya yang tidak ia tutupi dengan benar itu. Oleh karena itu, pakaian wanita itu wajib longgar. Usamah bin Zaid pernah berkata:

كساني رسول الله  صلى الله عليه وسلم  قبطية كثيفة كانت مما أهدى له دِحْيَةُ الكلبي فكسوتها امرأتي، فقال رسول الله  صلى الله عليه وسلم – : مالك لا تلبس القبطية؟ فقلت: يا رسول الله! كسوتها امرأتي، فقال: مرها أن تجعل تحتها غلالة فإني أخاف أن تصفحجم عظامها

 

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah memakaikanku baju Quthbiyyah yang tebal. Baju tersebut dulu dihadiahkan oleh Dihyah Al Kalbi kepada beliau. Lalu aku memakaikan baju itu kepada istriku. Suatu kala Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menanyakanku: ‘Kenapa baju Quthbiyyah-nya tidak engkau pakai?’. Kujawab: ‘Baju tersebut kupakaikan pada istriku wahai Rasulullah’. Beliau berkata: ‘Suruh ia memakai baju rangkap di dalamnya karena aku khawatir Quthbiyyah itu menggambarkan bentuk tulangnya’” (HR. Dhiya Al Maqdisi dalam Al Mukhtar 1/441, dihasankan oleh Al Albani). (Jilbab Mar’ah Muslimah, 1/131)

Syaikh Abdullah Al Faqih hafizhahullah ketika di tanya ‘bagaimana saya mengetahui sebuah pakaian itu tidak ketat atau tidak longgar? bagaimana ciri dan batasannya?’. Beliau menjawab: “Yang menjadi patokan apakah sebuah pakaian itu sudah tidak termasuk pakaian ketat dan tergolong pakaian longgar yang dibenarkan syariat adalah hendaknya ia tidak menggambarkan bentuk bagian tubuh. Oleh karena itu para ulama sering menggunakan istilah النهي عن الثوب المحدد (Larangan memakai pakaian yang menggambarkan bentuk tubuh). Ibnul Hajib (Al Maliki, wafat tahun 646H) mendefinisikan baju ketat: “yang menggambarkan bagian tubuh baik karena terlalu tipis atau karena ketatnya”, demikian kata beliau dalam kitab Syarh Al Mawaq Lil Mukhtashar Khalil. Ad Dardir (wafat tahun 1201H) juga berkata dalam syarh-nya terhadap Al Muhktashar: “Yang termasuk pakaian ketat adalah yang menggambarkan bentuk aurat karena kainnya terlalu tipis, atau karena sebab lain misalnya karena memakai sabuk, atau karena terlalu sempit atau karena terlalu menyelubungi tubuh”.Busana Muslim

 

Makanan Betawi

Makanan Asinan Betawi

     

Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam Asinan Betawibuah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor.

Resep Cara Membuat Asinan Betawi. Berikut ini merupakan Resep Cara Membuat Asinan Betawi yang kami kategorikan ke dalam Label Asinan. Silahkan buat para pecinta makanan asinan untuk mempraktekan Resep Cara Membuat Asinan Betawi berikut ini dirumah.

Bahan :

·         400 gram kol diiris halus.

·         400 gram wortel diserut kasar.

·         200 gram taoge.

·         400 gram daun selada.

·         Marinade :

·         100 gram gula pasir.

·         2 sendok teh garam.

·         6 buah cabai merah, dihaluskan.

·         2 sendok teh cuka.

·         200 mili air masak.

·         Bahan untuk saus :

·         50 gram kacang tanah digoreng sebentar.

·         25 gram ebi digoreng.

·         5 buah cabai merah.

·         50 gram gula pasir.

·         1 sendok teh garam.

·         200 mili liter air masak.

Cara Membuat Asinan Betawi:

·         Semua sayuran, kecuali daun selada, direndam dalam marinade selama sekitar 15 menit,tiriskan, atur dalam piring saji yang dasarnya sudah diberi daun selada.

·         Saus : Kacang tanah, ebi dan cabai dihaluskan, lalu campur dengan gula pasir,garam dan air masak, sisihkan.

·         Siram sayuran dengan bahan saus.

 

·         Hidangkan dengan kerupuk mi. silahkan :)

 

Nasi Uduk Betawi

     

Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam.Pada malam hari,biasanya nasi uduk dijual di warung pecel lele,yaitu warung yang menjual nasi uduk beserta lauknya,seperti : lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng, dan lain lain

Nasi UdukResep Nasi Uduk - Sajian lezat di hadirkan dari nusantara lagi yaitu Nasi Uduk yang gurih dan nikmat. Nasi Uduk merupakan makanan khas Indonesia tepatnya berasal dari Jakarta khas daerah Betawi. Di Betawi selain terkenal ondel-ondelnya juga terkenal dengan kulinernya seperti kerak telor dan nasi uduk.

Sekarang memang nasi uduk sudah terkenal dimana-mana dan sudah banyak yang menjualnya pula. Biasanya Nasi Uduk menjadi menu utama untuk sarapan. Nasi Uduk enak dinikmati jika ditemani oleh lauk dan sayuran serta sambal sesuai selera kita.

Tak jarang juga para ibu-ibu yang menggunakan Nasi Uduk sebagai menu untuk hari besar seperti lebaran, arisan keluarga, ulang tahun, dan selamatan. Nasi Uduk rasanya memang enak, gurih dan tidak lembek. Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Bahan pelengkapnya dapat anda sesuaikan dengan selera anda.

Bukan hanya nasi kuning yang menggugah selera makan, nasi uduk juga sangat menggona kita untuk melahapnya karena aroma wangi dari nasi uduk sangat tajam. Nasi Uduk juga dapat dijadikan tumpeng besar maupun kecil seperti nasi-nasi lainnya.

Anda hanya perlu kreatifitas untuk menghias nasi uduk dengan bahan pelengkap secantik mungkin, itupun kalau anda berkehendak. Meskipun tampilannya biasa-biasa saja yang penting adalah rasa dari makanan tersebut.

Anda ingin bisa membuat Nasi Uduk sendiri yang gurih dan nikmat?. Kali ini kami akan berbagi Resep Nasi Uduk gurih dan nikmat khas Betawi asli. Sehingga anda dapat mempraktekkannya langsung di rumah. Berikut resepnya.

Bahan Nasi Uduk :

·         1 liter beras, cuci bersih

·         700 ml santan kental

·         2 lembar daun pandan, disobek-sobek, lalu ikat

·         1 batang sereh

·         2 lembar daun salam

·         1 sdt ketumbar bubuk

·         2 sdm garam

Pelengkap Nasi Uduk :

 

·         Ayam Goreng

·         Telur Dadar suir

·         Perkedel Kentang

·         Kacang Tanah, digoreng

·         Bihun di masak biasa

·         Kering tempe

·         Teri, di goreng

·         Bawang Merah goreng

·         Emping Goreng

·         Lalapan (Mentimun, Tomat)

·         Sambal Kacang atau sambal lainnya sesuai selera

Bahan Sambal Kacang :

100 gr kacang tanah, digoreng

·         6 cabai rawit (yang suka pedas bisa ditambahkan)

·         1 cabai merah

·         2 bawang putih

·         1 sdt garam

·         1 sdm gula pasir

·         1 sdm cuka

·         150 ml air matang

Cara Membuat Sambal Kacang :

Bebek atau uleg kacang tanah yang sudah di goreng hingga halus. Sisihkan

Masukkan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, garam, gula pasir, kemudian uleg semua bumbu hingga halus.

Satukan bumbu yang sudah halus dengan kacang yang sudah halus juga. Tambahkan cuka dan air matang

Cara Membuat Nasi Uduk :

Didihkan beras,santan kental, daun pandan, sereh,ketumbar bubuk,garam dan daun salam secara bersama-sama.

Masak dengan api sedang. Lalu aduk sampai merata

Angkat nasi jika sudah menjadi aron atau setengah matang dan santan sudah meresap.

Kukus nasi ke dandang selama 30 menit,jika sudah matang kemudian angkat nasinya

Cara penyajiannya, cetak nasi uduk  di tengah piring,pelengkapnya seperti ayam goreng,telur dadar suir,perkedel kentang,teri goreng. Letakkan  di sisi- sisinya, lalu taburi nasi uduk dengan bawang goreng. sajikan dengan sambal kacang juga. Boleh ditambahkan emping atau kerupuk sesuai selera.

 

 Sangat mudah kan membuatnya!. Kini anda tidak perlu bingung lagi kalau mau mengadakan acara istimewa bersama keluarga atau rekan anda. Demikian Cara Membuat dan Resep Nasi Uduk khas Betawi yang gurih dan enak. Sebelumnya kami juga berbagi resep pilihan

 

Makanan Soto Betawi

     

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.

Soto BetawiIstilah soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978, namun bukan bearti tidak ada soto sebelum tahun tersebut. Yang memopulerkan dan yang pertama memakai kata soto Betawi adalah penjual soto bernama Lie Boen Po di THR Lokasari / Prinsen Park, tentunya dengan ciri khas cita rasa sendiri.

Banyak penjual soto pada masa tahun-tahun tersebut, biasanya menyebut dengan soto kaki Pak "X" atau sebutan lainnya. Istilah soto Betawi mulai menyebar menjadi istilah umum ketika penjual soto tersebut tutup sekitar tahun 1991.

Cara Membuat Soto Betawi Spesial - Bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto betawi spesial

·         500 gram daging sapi

·         1/2 butir kelapa, parut dan ambil santannya (santan kental)

·         3 Butir telur rebus

·         3 Buah kentang rebus

·         2 Buah tomat ukuran sedang

·         Jeruk nipis secukupnya

·         Bawang goreng secukupnya

·         1 batang daun bawang, iris kecil-kecil

·         1 ruas lengkuas

·         1 Batang sereh, memarkan

·         3 lembar daun jeruk

·         Garam, gula secukupnya

 

Bumbu soto betawi yang dihaluskan :

·         5 siung bawang merah

·         3 siung bawang putih

·         5 buah kemiri

·         1 cm kunyit, bakar sebentar agar harum

·         1 cm jahe

 

Cara Membuat soto betawi spesial :

·         Rebus daging sapi dalam 2 lt air sampai empuk, kemudian potong daging sesuai dengan selera, disarankan untuk memotongnya dengan ukuran dadu. Jangan buang kaldunya.

·         Panaskan sedikit minyak, kemudian setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah harum masukan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya.

·         Aduk-aduk sampai rata kemudian tambahkan lengkuas, daun jeruk, sereh, dan yang terakhir garam dan gula.

·         Masukkan tumisan bumbu dan daging tersebut ke dalam kaldu rebusan daging. Kemudian tambahkan santan kental dan aduk sesekali. Masak sampai daging empuk dan kuah sedikit menyusut.

 

Cara penyajian soto betawi spesial

Dalam mangkok saji isikan dengan telur rebus iris, kentang rebus iris, dan tomat iris. Tambahkan daging dan kuah soto kemudian taburi daun bawang, bawang merah goreng, dan berikan sedikit air jeruk nipis sesuai dengan selera. Jika suka, Anda bisa menambahkan taburan emping melinjo.

 Sambal soto betawi spesial

5 buah cabe merah besar di goreng, haluskan cabe merah tersebut kemudian beri sedikit garam dan tambahkan sedikit kuah soto.

 

Demikian cara membuat soto betawi spesial, selamat mencoba.

 

Makanan Laksa Betawi

     

Lagi dan lagi nama-nama masakan yang baru kita dengar , ada juga yang memang resep baru ada juga yang sudah puluhan tahun resepnya namun baru dikenal sekarang. Nah kali ini sudah dengarkah anda dengan masakan laksa betawi? Mungkin sebagian yang asli jabar dan betawi sudah tahu dan tak asing lagi untuk makanan yang satu ini. Namun meski begitu di luar sana pun masih banyak orang yang belum mengenal sama sekali tentang masakan ini karena keterbatasan info mengenai resep laksa betawi yang sangat enak dan lezat ini.

Dan kami kali ini akan memperkenalkan laksa betawi ini pada anda yang belum tahu mengenai masakan yang super lezat ini. Laksa Betawi yaitu merupakan salah satu sajian kuliner khas daerah betawi yang begitu enak, gurih dan lezat yang berdominan rata-rata pada menyukai masakan tersebut , bahkan laksa ini kini adalah menu andalan para orang betawi. Penasaran kan anda? Tenang, nanti kami akan beri resepnya pada anda agar anda bisa lebih mudah membuatnya dirumah.

Dan apa itu LAKSA? Nama laksa itu sendiri diambil dari kata dalam bahasa dari india kuno atau jaman dahulu adalah laksha yang mempunyai arti “Banyak”. Dan hal itu menunjukkan bahwa masakan ini atau mie laksa betawi dibuat dengan racikan banyak bumbu yang sedap. Didalam laksa sendiri ada gabungan beberapa elemen dari Tiongkok dan Melayu. Dan menurut sejarahnya, Laksa yaitu makanan jenis mie yang diberi bumbu spesial sesuai kebudayaan peranakan masing-masing. Dan laksa sebenarnya ada beberapa jenis. Namun laksa yang dikenal di nusantara yaitu jenis laksa penang. Dan bentuk mie nya bulat putih dan agak sedikit tebal.

Nah Laksa betawi secara lazimnya berisi dengan ketupat, telur, tauge, daun kemangi, kucai dan tambahan bahan lain sesuai selera.Dan ada juga yang menambahkan bihun,ayam dan perkedel, tetapi bahan tersebut hanya untuk variasi sesuai selera masin-masing. Berikut ini kami akan bahsa resepnya yaitu Resep Cara Membuat Laksa Betawi Enak Dan Lezat:

Resep Cara Membuat Laksa Betawi Enak Dan Lezat

Bahan-bahan:

  • Pertama 1 liter Santan Cair(santan kelapa)
  • Selanjutnya ½ ekor ayam,Dan  kemudian di potong 4 bagian
  • 250 ml santan kental yang masih segar.

Bumbu-bumbu:

  • 2 batang sereh,kemudian  memarkan
  • 2 lembar daun salam yang baru dipetik
  • Kemudian 2 lembar daun jeruk
  • bumbu halus:
  • Tambahkan 8 bh bawang merah
  • Dan 4 bh bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 pt jahe wangi
  • 1 pt kunyit yang sudah dicuci
  • 1 pt lengkuas segar
  • bh cabe merah segar
  • 6 butir kemiri
  • Tambahan ½ sendok teh gula jawa
  • Terakhir ½ sendok makan garam

Pelengkap:

  • 150 grm bihun, lalu rendam, kemudian tiriskan dan  potong-potong
  • 2 butir telur yang sudah direbus
  • Tambahkan 2 ikat daun kemangi, kemudian ambil daunnya
  • 1 sendok makan bawang goreng untuk tambahan penyedap.
  • 2 buah jeruk nipis, kemudian iris secara tipis.

Cara Membuat Laksa Betawi:

 

  1. Langkah awal tumis bumbu dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum- masukkan santan cair, masak hingga mendidih kemudian masukkan ayam lalu masak sampai matang kemudian angkat. tuangkan santan kental kedalam rebusan santan cair masak sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Cara menyajikan: tempatkan bihun dalam mangkuk, Dan beri suwiran daging ayam, lalu irisan telur, dan daun kemangi. Kemudian tuangi kuah laksa, lalu taburi bawang goreng. Dan sajikan dengan ditemani irisan jeruk nipis.
 

KANG CECEP

www.kangcecep.com | Jl. Balong Gede no. 65

MENGAPA KANG CECEP ? Kang cecep adalah kumpulan profesional dalam bidang konstruksi yang memiliki misi untuk memberikan pelayanan konstruksi secara CEPAT, CERMAT, PEDULI dan JUJUR Kami memberikan solusi yang mudah, dengan respon yang cepat dan pilihan pelayanan dan harga yang JUJUR untuk anda Saat ini menjadi sebuah hal yang umum seorang pemilik rumah tidak mempunyai referensi yang baik mengenai pekerja konstruksi untuk melakukan kegiatan renovasi yang umum seperti misalnya, perbaikan atap bocor, saluran pembuangan yang bermasalah, pengencatan ulang ruang tamu atau kamar, maupun perbaikan masalah kelistrikan. KANG CECEP memberikan sebuah solusi modern dimana setiap calon konsumen akan mendapatkan respon yang CEPAT, solusi uang CERMAT, pelayanan yang PEDULI dan pilihan harga yang JUJUR..

Bookmakers bonuses with gbetting.co.uk website.