Enakan Kerja Di Konsultan atau Kontraktor

Bagi para lulusan teknik, khususnya teknik sipil, dunia konsultan dan kontraktor tidaklah asing.

Konsultan di dunia teknik sipil terdiri dari 2 jenis:

1.       Konsultan Perencana

2.       Konsultan Pengawas

Misalnya pada proyek pembangunan gedung, Konsultan perencana bertugas merencanakan arsitektur, struktur, mekanikan elektrikal, lanscape, rencana anggaran biaya (RAB) serta dokumen-dokumen pelengkap lainnya. Konsultan perencana mendapatkan proyek melalui proses lelang yang diadakan panitia lelang konstruksi.

Sedangkan konsultan pengawas merupakan orang/instansi yang menjadi wakil pemilik proyek di lapangan. Mereka mengawasi setiap pembangunan di lapangan. Mulai dari pengawasan mutu (Quality Control) dan kuantitas. Konsultan pengawas juga membuat laporan harian, mingguan dan bulanan, serta melakukan koordinasi/rapat dengan kontraktor.

Dan kontraktor adalah pihak yang melaksanakan pembangunan fisik bangunannya. Kontraktor harus bertindak sesuai dengan perencanaan. Kontraktor juga mendapatkan proyek dari proses lelang setelah konsultan perencana terpilih.

Ketiga unsur tadi haruslah bersinergi agar proyek berjalan dengan lancar. Mereka harus mengerti hak dan kewajiban masing-masing.

Menurut yang saya dengar dari teman-teman yang sudah bekerja, salary bekerja di kontaktor jauh lebih besar daripada di konsultan karena tanggung jawab dan beban kerjanya juga lebih besar. Konsultan biasanya bekerja dari hari senin s/d jumat, sedangkan kontraktor bekerja 7 hari dalam seminggu. Terkadang harus sering lembur agar proyek cepat selesai sehingga kontraktor untung banyak.

Jadi kesimpulannya, enakan kerja di mana? KONSULTAN atau KONTRAKTOR?

HOTLINE                : 0800-124-5588 [ BEBAS PULSA ]

SMS                        : 0888-1803-793 ( Anda cukup SMS, nanti Team kami yang akan telepon balik )

BBM                        : 7CCCDB5C

Bookmakers bonuses with gbetting.co.uk website.