Rangka Baja Ringan Bisa Juga Buat Lantai

Rangka baja ringan ternyata tidak hanya dapat digunakan pada atap atau dinding, tapi juga bisa untuk lantai.

Namun, tentunya ada perbedaan dan syarat yang tidak boleh diabaikan, yakni hanya untuk area-area yang tidak harus menampung beban berat.

"Beban bagian atas lantai yang menggunakan rangka baja ringan tidak boleh berat. Misalnya untuk menyimpan buku-buku ataupun menempatkan perabotan besar," jelas arsitek Rita Laksmitasari kepada

Salah satu area yang cocok menggunakan rangka lantai baja ringan adalah koridor. Sebab, jarak rentangnya tidak panjang.

"Satu hal yang perlu diketahui jika menggunakan rangka baja ringan,  jarak rentangnya tidak boleh panjang," ujarnya.

Hal ini juga berlaku dalam pemanfaatan rangka baja ringan pada atap. Bebannya akan semakin berat jika menggunakan genteng beton. Namun, bukan berarti tidak tepat. Hanya saja dibutuhkan perhitungan yang berbeda dan lebih berfokus pada beratnya. 

Pilihan lainnya, lanjut Rita adalah menggunakan genteng metal. "Kalau untuk rumah baru mending pakai genteng metal. Tapi harus teliti juga, terutama pada garansi lapisan atas genteng metalnya," paparnya.

Selain itu, genteng metal tidak akan menimbulkan suara berisik yang keras saat hujan turun jika bagian atasnya dilapisi aspal.

 

"Hal ini juga wajib dicek oleh calon konsumen. Genteng metal itu kedap suara atau tidak. Dia akan kedap ika dilapisi lapisan aspal di atasnya," imbuhnya. 

Bookmakers bonuses with gbetting.co.uk website.